Bentuk Kolam Renang


Banyak yang mengatakan bila kolam renang hanya merupakan element pelengkap saja di rumah.
Namun jumlah orang yang mengatakan bahwa kolam menjadi bagian penting juga tidak sedikit. Terutama sekali bagi mereka yang menyukai kegiatan ini dan punya lahan yang cukup dan bisa dipakai untuk membuatnya.

Banyak yang mengatakan bila kolam renang hanya merupakan element pelengkap saja di rumah. Namun jumlah orang yang mengatakan bahwa kolam menjadi bagian penting juga tidak sedikit. Terutama sekali bagi mereka yang menyukai kegiatan ini dan punya lahan yang cukup dan bisa dipakai untuk membuatnya. 

Kolam renang sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan  tujuan penggunaannya dan orang yang memakainya. Beberapa jenis kolam renang itu antara lain adalah play pool, yaitu kolam renang yang dipakai dengan tujuan untuk bermain saja khususnya bagi anak-anak. Karena itu kolam ini pada umumnya dibuat dengan ukuran yang tidak begitu dalam sesuai dengan tubuh mereka yang belum tinggi.

Selain bermain, play pool juga sering digunakan untuk bersantai menggunakan pelampung. Dan karena lebih sering dipakai oleh anak-anak, kolam jenis play pool biasanya dibuat dengan desain yang disesuaikan dengan perkembangan jiwa meraka. Ada yang diberi hiasan patung, pancuran dan papan untuk meluncur. Warnanya selalu mencolok dan memunculkan kesan ceria. 

Aa lagi kolam renang yang dinamakan kolam menyelam. Sesuai dengan namanya fungsi utama dari kolam jenis ini adalah untul melakukan olahraga menyelam. Sebab itu ukuran kedalamannya selalu dibuat minimal dua setengah meter atau lebih dan punya fasilitas diving board yaitu papan untuk menyelam. Hanya orang tertentu saja yang biasanya memakai kolam renang jenis ini, jadi jarang dibuat di rumah.

Jenis yang lain adalah kolam renang free form yang kurang lebih artinya adalah format bebas. Oleh karena itu kolam renang free form bentuknya selalu tidak beraturan dan memakai konsep desain landscape natural. Jadi suasana yang hadir di tempatu itu punya karakter yang alami dan menyatu dengan alam. Tujuan dari penggunaan desain ini adalah untuk memunculkan nuansa yang seakan-akan kolam tersebut adalah bagian dari kehidupan pribadi pemiliknya. 

Sedangkan kolam renang geometris, lebih sering menggunakan garis-garis dan selalu membuat karakternya selalu punya kesan yang kaku. Jadi nuansa yang timbul adalah nuansa formal atau resmi karena bentuk-bentuk kreasi jarang sekali diaplikasikan. Tapi ada beberapa pembuat yang mencoba untuk mengurangi kesan formal tersebut. Caranya adalah dengan menciptakan konsep saling menumpuk sehingga desainnya menjadi terlihat lebih unik. 

Selain geometris, adalagi jenis lain dinamakan dengan kolam tak terhingga atau unlimited pool. Beberapa orang menamakan kolam ini dengan sebutan yang lain yaitu infinity swimming pool atau negative edge pool. Diantara jenis kolam renang yang ada, unlimited pool punya tampilan yang paling indah bahkan bisa dikatakan spektakuler. 

Bila dipandang dari namanya saja, maka kesan yang muncul adalah kolam ini tidak mempunyai batas yang jelas. Namun sayangnya, proses pengerjaannya termasuk yang paling sulit dilakukan dan hanya orang tertentu saja yang bisa membuatnya. Kolam ini tidak memakai dinding namun airnya lansung menyentuh permukaan lantai. Jadi tampilannya kurang lebih sama seperti pantai atau danau. 

Sangat berbeda dengan kolam lap pool, yiatu kolam yang bentuknya memanjang namun ukuran lebarnya dibuat sempit. Jadi sangat cocok dibuat pada lahan yang ukurannya tidak begitu besar dan luas. Pembuatan kolam lap pool pada umumnya ditujukan pada mereka yang punya masalah dengan kesehatan sehingga harus melakukan olahraga renang dengan lebih intensif. 

Jenis yang terakhir yaitu kolam renang yang dinamakan dengan overflow. Penggunaan sebutan ini tidak ditujukan pada bentuk dan gaya desain kolammnya, melainkan pada airnya. Kolam jenis overflow memang selalu punya ciri tersendiri yaitu punya air yang selalu terlihat melimpah ruah. Karena ketinggian air tersebut dibuat sama dengan ukuran ketinggian batas pada kolam.


jasa kolam renang I kontraktor kolam renang I maintenance kolam renang I perawatan kolam renang I perbaikan kolam renang I renovasi kolam renang I spesialis kolam renang I tips kolam renang, 

griya mitra karya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.